Komisi II Panggil PT Dover dan DLH Cilegon Terkait Pencemaran Kali Baru di Grogol

By Redaksi Suara Cilegon 01 Feb 2018, 16:19:40 WIB Kesehatan
Komisi II Panggil PT Dover dan DLH Cilegon Terkait Pencemaran Kali Baru di Grogol

CILEGON -Kondisi pencemaran yang pada aliran Kali Baru di Link. Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, menjadi perbincangan utama saat pertemuan PT Dover Chemical dengan Anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon serta organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Cilegon, di ruang rapat DPRD Cilegon, Kamis (1/2/2018).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Ujang Iing mengatakan, pihaknya saatnya ini belum dapat memastikan apakah bau tak sedap yang muncul di Kali Baru itu akibat pencemaran lingkungan dari limbah yang dibuang oleh PT Dover.  Namun pihaknya masih akan melakukan uji laboratorium terlebih dahulu.

“Kalau yang air baru kali ini. Hasilnya belum ada, masih dicek di lab terkait kualitas air dan udaranya. Nanti akan kami laporkan. Tapi nanti kalau hasilnya tidak sesuai dengan baku mutu, ya pasti akan kita berikan sanksi,” ujarnya singkat.

Disisi lain, Humas PT Dover Chemical Dade Suparna, pihaknya mengakui diundang untuk datang oleh DPRD Cilegon terkait dugaan pencemaran lingkungan di aliran Kali Baru. Meski demkkian ia menampik bau tidak enak itu tersebut bukan dampak dari keberadaan PT Dover berikut produksinya.

“Sudah saya katakan, kalau Dover itu tidak memproduksi 'jengkol' dan kita tidak ada kimia yang berbau jengkol. Mungkin itu bau dari comberan-comberan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon Badar Gumelar dari Fraksi PPP, pihaknya masih menunggu hasil uji lab dari DLH Cilegon untuk menindaklanjuti hal ini. Akan tetapi apabila PT Dover terbukti tidak melakukan pencemaran limbah, ia meminta sejumlah warga yang menuding pencemaran limbah itu dapat legowo dan menerima dengan lapang dada.

“Kalau memang itu warga dapat membuktikan PT Dover melakukan pencemaran limbah ya silakan buktikan. Di situ katanya ada orang yang sangat paham, jadi silakan beri laporan dan akan kami sampaikan hasilnya ke OPD kalau warga sudah melakukan uji sampel tersendiri,” ucapnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

PRAKIRAAN CUACA


Jejak Pendapat

Apakah Menurut Anda Kota Cilegon Saat ini Sudah Lebih Baik ?
  Sudah
  Masih Belum
  Tidak Ada Perubahan
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Mudah-mudahan windows 8.2 tampilannya lebih keren lagi dari windows 8.1 sebelumnya yang ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Calon hakim agung Muhammad Daming Sanusi menyatakan, hukuman mati tidak layak ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video