MUI Keluarkan Fatwa Bersosial Media

By Redaksi Suara Cilegon 06 Jun 2017, 10:45:50 WIB Teknologi
MUI Keluarkan Fatwa Bersosial Media

Keterangan Gambar : Ketua MUI Kiai Ma'ruf Amin dan Menteri Kominfo Rudiantara


Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan fatwa tentang bersosial media. Ketua MUI, KH. Ma’ruf Amin mengatakan bahwa fatwa ini berawal dari keprihatinan MUI pada konten negatif di sosial media.

“Fatwa ini berangkat dari keprihatinan terhadap perkembangan terhadap maraknya konten, yang tidak saja positif tapi juga negatif. Kami melihat medsos fihi manafi’u linnas wa ismun kabir. Di situ ada manfaat, tapi juga ada dosa,” kata Kiai Ma’ruf dalam konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta pada Senin (05/06).
“Selain isinya sampai berita bohong, adu domba, pornografi, dan yang sangat kita rasakan adalah sudah mengarah pada kebencian dan permusuhan. Ini yang dilarang oleh agama,” sambungnya.

Ulama yang juga Rais Aam PBNU itu juga mengatakan bahwa penggunaan medsos dengan tidak benar akan menimbulkan bahaya bagi agama islam. Maka, kewajiban bagi umat Islam untuk menghilangkan kerusakan tersebut.

“Bahaya itu harus dihilangkan. Oleh kareba itu, langkah yang kami ambil, maka kami mengeluarkan fatwa tentang muamalah melalui medsos,” tuturnya.

Terakhir, Kiai Ma’ruf menguraikan alasan dipilihnya waktu pada saat bulan Ramadhan dalam meluncurkan fatwa ini. Yaitu agar umat Islam mampu menahan untuk tidak menggunakan sosial media dengan sembarangan.

Fatwa tentang media sosial tersebut tertuang dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 24 tahun 2017. Dinamai Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial, fatwa tersebut disahkan pada 13 Mei 2017 di Jakarta. By : kiblat.net




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

PRAKIRAAN CUACA


Jejak Pendapat

Apakah Menurut Anda Kota Cilegon Saat ini Sudah Lebih Baik ?
  Sudah
  Masih Belum
  Tidak Ada Perubahan
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Mudah-mudahan windows 8.2 tampilannya lebih keren lagi dari windows 8.1 sebelumnya yang ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Calon hakim agung Muhammad Daming Sanusi menyatakan, hukuman mati tidak layak ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video