Tuntut Hak, Ratusan Karyawan PT Bluescope Gelar Demo di Depan Pabrik

By Redaksi Suara Cilegon 05 Feb 2018, 18:49:34 WIB Peristiwa
Tuntut Hak, Ratusan Karyawan PT Bluescope Gelar Demo di Depan Pabrik

CILEGON - Ratusan karyawan PT. Bluescope menggelar aksi unjuk rasa, aksi ini guna menuntut pengalihan Pajak Pendapatan Karyawan (PPK) PT Bluescope telah dilimpahkan kepada masing-masing karyawan yang dinilai sangat merugikan pihak karyawan. Senin (5/2/2018) di depan gerbang pabrik Buescope.

"Dulu pajak penghasilan ini ditanggung oleh perusahaan (Bluescope), untuk seluruh perusahaan namun dengan beberapa berbagai alasan manajemen merubah sistem pajak penghasilan tersebut ditanggung oleh masing-masing karyawan," kata humas aksi, Ahmad Nashrullah kepada wartawan.

Lebih lanjut, pihaknya menilai hal ini merugikan pihak karyawan. Karena menurutnya, tidak sesuai dengan perjajian awal yang dilakukan antara manajement PT Bluescope dengan organisasi buruh SSPMI yang mewakili karyawan. 

"Sistem ini diberlakukan dengan persetujuan diantara manajemen dan serikat pekerja, yang mewakili karyawan. Dengan syarat tidak ada pihak yang dirugikan baik saat ditanggung perusahaan ataupun saat ditanggung oleh masing-masing karyawan sehingga tidak mengurangi pendapatan yang diterima oleh karyawan," terangnya. 

Pada perjanjian tersebut, Nashrullah mengatakan ada beberapa point yang dilanggar oleh pihak perusahaan yang akhirnya merugikan karyawan. 

"Perusahaan setuju untuk menanikan gaji dan tunjangan yang  jika nanti dipotong pajak nilainya tidak berkurang sama sekali seperti pada saat seperti pajak yang ditanggung oleh perusahaan sehingga pada saat implementasinya tidak sesuai dengan kata lain penghasilan tidak sebanding pada saat pajak ditanggung oleh pihak perusahaan," katanya. 

Selain itu, menurutnya sebelum dilakukanya aksi pihaknya sudah melakukan tahapan-tahapan dengan melakukan mediasi dengan pihak perusahaan tapi sampai saat ini tidak ada respon. 

"Pembuktian telah dibuktikan oleh temen-temen serikat untuk karyawan melalui beberapa mediasi  mungkin 4 sampe 5 kali mediasi sudah dilakukan. Bahkan tanggal 1 kemarin ada terpati dari Disnaker untuk melakukan mediasi kami suguhkan semua data apa yang sebenarnya terjadi kami hanya meminta yang seharusnya kita dapat itu menjadi hak kita," terangnya. 

Nasrullah juga menegaskan jika pihak perusahaan tidak mengindahkan tuntutan dari aksi kali ini. Ia bersama karyawan lainya akan terus menggelar aksi sampai hak-hak karyawan terpenuhi.

"Kita akan lakukan aksi lagi hari Senin (12/2/2018) depan jika memang tidak ada tanggapan dari pihak manajemant atau tidak memenuhi hak kami." Tandasnya




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

PRAKIRAAN CUACA


Jejak Pendapat

Apakah Menurut Anda Kota Cilegon Saat ini Sudah Lebih Baik ?
  Sudah
  Masih Belum
  Tidak Ada Perubahan
  Tidak Tahu

Komentar Terakhir

  • Robby Prihandaya

    Mudah-mudahan windows 8.2 tampilannya lebih keren lagi dari windows 8.1 sebelumnya yang ...

    View Article
  • Tommy Utama

    Calon hakim agung Muhammad Daming Sanusi menyatakan, hukuman mati tidak layak ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video